Ahad 02 Aug 2015 02:05 WIB

Arkeolog Temukan Gigi Manusia Berusia 550 Ribu Tahun

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Gigi tertua yang ditemukan di Prancis.
Foto: The Independent
Gigi tertua yang ditemukan di Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, PYRENESS -- Dua arkeolog muda berhasil menemukan gigi manusia purba. Diperkirakan gigi tersebut berusia sekitar 550 ribu tahun. Seperti Dilansir dari Independet, Ahad (2/8), penemuan tersebut merupakan salah satu dari fragmen manusia tertua yang  pernah ditemukan di Perancis. Benda tua itu ditemukan pekan lalu oleh arkeolog relawan Perancis, Camille dan Valentin.

Awalnya mereka menggali di gua daerah Tautavel, Pyrenees, Perancis Timur. Mereka berharap penemuannya dapat memberikan informasi penting tentang awal pemukiman Eropa. Sebelumnya, fosil bagian tubuh manusia tertua yang pernah ditemukan di Eropa adalah tulang rahang yang digali di Jerman pada 1907. Diprediksi rahang itu berusia sekitar 600 ribu tahun.

Penemuan terbaru di Perancis ini mengalahkan bagian tubuh tertua sebelumnya di negara tersebut. Di Perancis pun pernah ditemukan fosil manusia purba berusia 100 ribu tahun lebih muda. Tempat ditemukan fosil ini diakui sebagai rumah kelompok Homo Erectus. Meski begitu, sampai sekarang belum ditentukan jenis kelamin gigi yang ditemukan dua arkeolog muda itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement