Sabtu 12 Sep 2015 17:11 WIB

Surat Terbuka MSF pada Para Pemimpin Eropa

Rep: Gita Amanda/ Red: Ilham
Pengungsi Suriah di kamp penampungan
Foto: albawaba
Pengungsi Suriah di kamp penampungan

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Para pemimpin Eropa berencana menggelar pertemuan untuk membahas masalah krisis ini di Brussels, 14 September mendatang. Merespon hal tersebut, organisasi kemanusiaan medis Médecins Sans Frontières (MSF) atau Dokter Lintas Batas, mengirimkan surat terbuka kepada para pemimpin Eropa.

Melalui surat elektroniknya kepada Republika.co.id, Sabtu (12/9), berikut isi dari surat terbuka Joanne Liu atas nama Presiden MSF.

EU: Pagar Anda Membunuh, Berikan Jalur Aman dan Legal.

Jumat, 11 September 2015

Kami mengirimkan surat ini hari ini, beserta pelampung milik salah satu dari 15.000 orang yang diselamatkan di laut oleh Médecins Sans Frontières/Dokter Lintas Batas (MSF) sejak bulan Mei. Pelampung berkualitas buruk ini adalah satu-satunya perlindungan yang dimiliki laki-laki, perempuan, dan anak-anak saat mereka berupaya menyeberangi lautan menuju Eropa. Pada pelampung ini, terkadang tertulis larik doa untuk perjalanan yang aman, atau nomor telepon keluarga dan teman-teman yang bisa dihubungi untuk berjaga-jaga apabila ia tidak selamat.

Ini adalah pengingat bahwa orang-orang yang menempuh perjalanan ini sangat sadar akan risiko yang mereka hadapi, dan mereka menghadapi kesengsaraan yang mendorong mereka dan keluarganya untuk menempatkan diri mereka dalam keadaan sangat berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement