Ahad 13 Sep 2015 05:35 WIB

Warga Inggris Gelar Aksi Solidaritas untuk Pengungsi

Rep: C34/ Red: Citra Listya Rini
Pengungsi Suriah di Pulau Lesbos, Yunani.
Foto: bbc
Pengungsi Suriah di Pulau Lesbos, Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Puluhan ribu warga Inggris berunjuk rasa di London, Sabtu (12/9), sebagai aksi solidaritas untuk pengungsi. Mereka mendesak pemerintah untuk berbuat lebih banyak membantu pengungsi Suriah.

Demonstrasi yang dihadiri oleh pemimpin oposisi yang baru terpilih, Jeremy Corbyn, itu berlangsung dengan rute pawai dari Hyde Park menuju Kantor Perdana Menteri (PM) David Cameron. Para demonstran mengacungkan spanduk bertuliskan: "Buka Perbatasan", "Pengungsi Masuk, Pendukung Partai Konservatif Menyingkir", dan lain-lain.

"Saya ingin mendukung para pengungsi," kata Deborah Flatley, salah seorang demonstran yang membawa poster buatan sendiri bertuliskan: "Kami mengagumi keberanian Anda. Anda layak mendapatkan kehidupan yang aman dan bahagia. Kami menyambut Anda di sini dengan tangan terbuka."

Pengunjuk rasa lain, Dusan Petkovic, mengatakan kepada AFP bahwa demonstrasi tersebut menyatakan bahwa sikap pemerintah terkait para pengungsi selama ini salah besar.

PM Cameron diketahui menolak ambil bagian dalam sistem kuota Uni Eropa untuk bersama-sama mengakomodir pengungsi yang telah mencapai Eropa. Pemerintah dianggap mengabaikan krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement