Rabu 11 Nov 2015 21:54 WIB

Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Turki, 14 Tewas

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Imigran tenggelam
Foto: www.abc.net.au
Imigran tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kantor berita Dogan Rabu (11/11) melaporkan, sebanyak 14 orang tewas dan lebih dari 27 lainnya berhasil diselamatkan oleh otoritas Turki setelah kapal mereka tenggelam dalam perjalanan ke pulau Lesbos, Yunani. Kapal kayu tenggelam di 8 kilometer perairan yang memisahkan Lesbos dari pantai Turki.

Anak-anak termasuk di antara korban yang meninggal.  Penjaga pantai Turki tidak tersedia untuk komentar. Puluhan ribu migran dari Timur Tengah dan Afrika nekat menempuh perjalanan berbahaya dari Turki ke Eropa dalam beberapa bulan terakhir. Banyak dari mereka melarikan diri dari konflik. 

Para pemimpin Eropa dan Afrika bertemu pada Rabu di Malta untuk membahas masalah migran. Uni Eropa berharap bahwa janji bantuan uang tunai untuk beberapa negara paling miskin di dunia akan membantu mencegah migran melakukan perjalanan jauh.

‘’Uni Eropa berharap pertempuran di pertemuan puncak para pemimpin dunia di Turki pada Ahad (15/11) terkait krisis migrasi yang diakui sebagai masalah global yang membutuhkan respon global,’’ kata seorang pejabat Uni Eropa seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Rabu (11/11).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement