Kamis 19 Nov 2015 06:03 WIB
Serangan Teror Paris

Serangan Paris dalam Goresan Para Kartunis Arab

Rep: C38/ Red: Ani Nursalikah
Kartunis Yordania, Osama Hajjah memilih menggambarkan Prancis yang romantis dengan begitu pilu. Seorang perempuan cantik menangis dengan latar belakang Menara Eiffel tampak di kejauhan.
Foto:
“Teror Wahabi Menyerang Paris.” Kartun itu menggambarkan satu sosok berpakaian serba hitam yang ia sebut ISIS, sedang mencongkel puncak menara Eiffel dengan belati.

Surat kabar milik pemerintah Iran, Al Alam membawakan kartun ideologis bertajuk “Teror Wahabi Menyerang Paris.” Kartun itu menggambarkan satu sosok berpakaian serba hitam yang ia sebut ISIS, sedang mencongkel puncak menara Eiffel dengan belati.

Kartunis politik terkenal blasteran Arab-Brasil, Carlos Latuff tak mau luput ambil bagian. Ia membuat ilustrasi berjudul “Explosive Foreign Policy of Hollande.” Bahan bakar yang disiramkan Hollande ke Suriah membakar, membumbungkan asap hitam bernama ISIS yang menancapkan belati di jantung negara Prancis.

Terakhir, kartun yang diterbitkan Arab 21 memperlihatkan sentimen kebijakan di wilayah Timur Tengah kembali menghantui Eropa. Sesosok hantu ‘al irhab’ (teroris) memanggul buntalan kain berisi tengkorak yang bertuliskan Siyasah Gharb (Politik Barat) sedang mengetuk pintu Uni Eropa.

Baca Pria Tewas dalam Penggerebekan Saint-Denis Belum Diketahui Identitasnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement