Senin 23 Nov 2015 19:42 WIB

Badak Putih Langka di Kebun Binatang AS Mati

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Badak putih
Foto: pixabay
Badak putih

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Salah satu dari empat badak putih terakhir yang ada di dunia telah mati di kebun binatang di Amerika Serikat. Kondisi Nola, memburuk setelah operasi dan tewas pada Ahad (22/11).

BBC News melaporkan, Senin (23/11), sisa tiga badak putih yang kini berusia cukup tua terus dijaga ketat di OI Pejeta Conservancy di Kenya.

Nola sebelumnya menjalani operasi pada 13 November, untk meringankan abses panggulnya. Namun kesehatannya memburuk sepekan lalu dan diperparah lagi selama akhir pekan ini.

Populasi badak putih utara hancur akibat perburuan yang mencari tandak berharga mereka. Mereka dinyatakan punah dari alam liar pada 2008.

Nola telah menjadi atraksi populer di kebun binatang San Diego sejak 1989. Kebun binatang San Diego baru-baru ini membawa enam badak putih selatan. Mereka berharap dapat menggunakan mereka sebagai ibu pengganti bagi embrio badak putih utara.

Ada sekitar 20 ribu badak putih selatan di dunia. Namun studi masih berlangsung untuk menentukan apakah sub-spesies itu secara genetik dapat menjadi ibu pengganti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement