Senin 18 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapten Cook Temukan Kepulauan Hawaii

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Indahnya alam di Maui, Hawaii
Foto: www.psychologicalscience.org
Ilustrasi Wikipedia.

Hari ini pada 2012, Wikipedia memulai pemadaman selama 24 jam. Hal itu dilakukan sebagai protes terhadap undang-undang antipembajakan yang diusulkan (S. 968 dan HR 3261) dikenal sebagai Protect Intellectual Property Act (PIPA) dan Stop Online Piracy Act (SOPA). Dua buah undang-undang yang dimaksud untuk mengekang pelanggaran hak cipta.

Banyak situs, termasuk Reddit, Google, Facebook, Amazon dan lain-lain, berpendapat akan menantang jika tidak mungkin bagi mereka untuk beroperasi. Ketika sebuah situs padam atau berpartisipasi dalam pemadaman, situs akan membatasi beberapa kontennya.

Sebagai contoh, versi bahasa Inggris dari Wikipedia mati dari tengah malam 18 Januari hingga tengah malam 19 Januari. Pengunjung akan melihat tampilan informasi tentang SOPA dan PIPA.

Pada November, sebuah perkumpulan perusahaan internet besar, termasuk Facebook, Google, Zynga, Twitter dan Linkedln menerbitkan sebuah surat terbuka di New York Times yang mengatakan sebagian perusahaan khawatir langkah-langkah tersebut menimbulkan risiko serius bagi industri inovasi dan penciptaan lapangan kerja serta keamanan siber.

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement