Rabu 20 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Yasser Arafat Jadi Presiden Dewan Nasional Palestina

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Yasser Arafat
Foto: AP
Yasser Arafat

Hari ini pada 1981, Ronald Reagan seorang mantan aktor film Barat dan serial televisi populer Death Valley Days' disumpah sebagai presiden Amerika Serikat ke-40. Terlahir di Texas, citra publik Reagen terkait erat dengan Amerika Barat meskipun ia dibesarkan di Midwestern, Illinois. 

Pada 1930, Reagan pindah ke Kalifornia dan menjadi aktor Hollywood yang cukup sukses. Setelah itu, ia selalu menganggap dirinya seorang ideologis Barat. Citranya tersebut diperkuat oleh karir di dunia seni perannya.

Karir di Film dan TV tidak hanya membuat Reagan mendapat pengakuan publik, tetapi juga membantu mendirikan reputasi 'laki-laki baiknya'. Beberapa peran Reagan dalam film non-Barat sebagai laki-laki berkarakter, tapi di Barat ia biasanya dimainkan sebagai sheriff berani atau koboi yang membunuh penjahat, menyelamatkan anak sekolah, dan membawa keadilan ke Wild West.

Meskipun sulit memperkirakan persis betapa pentingnya peran positif seperti itu untuk karir politiknya di kemudian hari. Tapi gambaran film Reagan membantu memenangkan dia pada beberapa penilaian.

Selama delapan tahun sebagai presiden Amerika Serikat (1981-1989), Reagan mendefinisikan kembali pusat dalam politik Amerika, bergerak menjauh dari Demokrat liberal dan menuju Republik konservatif.

Setelah perjuangan panjang dengan penyakit Alzheimer, Ronald Reagan meninggal pada 5 Juni 2004. Ia dimakamkan di Perpustakaan Kepresidenan Reagan Ronald di Simi Valley, Kalifornia.

Selanjutnya: Setelah 444 Hari, Sandera Warga AS di Iran Bebas 

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement