Kamis 28 Jan 2016 05:10 WIB

Pemimpin Dunia yang Mengaku Gay dan Lesbi

Rep: Reza Irfa Widodo/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi kelompok LGBT
Foto: Reuters
Perdana Menteri Belgia, Elio Di Rupo, menandatangani buku tamu di kamp Auschwitz di Oswiecim, Polandia, Jumat (1/6).

2. Perdana Menteri Belgia Elio Di Rupo

Pria keturunan Italia ini menjadi Perdana Menteri Belgia pada 6 Desember 2011. Terpilihnya Di Rupo sebagai Perdana Menteri Belgia ini mengakhiri kekosongan jabatan perdana menteri selama 589 hari. Hal ini terjadi lantaran parlemen Belgia pada saat itu tidak mampu membangun koalisi untuk membentuk pemerintahan.

Akhirnya Raja Belgia memberikan mandat kepada Di Rupo selaku Ketua Partai Sosialis Belgia untuk membentuk pemerintahan. Pria kelahiran tahun 1951 itu menjabat sebagai Perdana Menteri Belgia selama tiga tahun, yaitu terhitung dari 6 December 2011 hingga 11 October 2014. Di Rupo tercatat sebagai Perdana Menteri Belgia pertama yang bukan berasal dari keturunan Belgia.

Sebenarnya, Di Rupo sudah mengakui perbedaan orientasi seksualnya jauh sebelum menjabat Perdana Menteri, tepatnya pada 1996. Pada saat itu, Di Rupo mengakui jika dirinya gay kepada media. Kendati begitu, Perdana Menteri ke-50 dalam sejarah Belgia itu tidak pernah meresmikan hubungan dengan pasangannya. Meski sebenarnya Belgia sudah melegalkan perkawinan sesama jenis sejak 2003 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement