Kamis 28 Jan 2016 05:10 WIB

Pemimpin Dunia yang Mengaku Gay dan Lesbi

Rep: Reza Irfa Widodo/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi kelompok LGBT
Foto:
Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel menikahi pasangannya Gauthier Destenay pada Jumat, (15/5).

3. Perdana Menteri Luksemburg, Xavier Bettel

Berbeda dengan Di Rupo ataupun Sigurdardottir, yang sudah pensiun, hingga kini Xavier Bettel masih aktif dan menjadi orang nomor satu di Luksemburg. Dengan pensiunnya Di Rupo dan Sigurdardottir, Bettel menjadi satu-satunya pemimpin dunia penyuka sesama jenis yang masih berkuasa.

Bettel menggantikan Jean-Claude Juncker yang memutuskan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Luksemburg, sejak Desember 2013. Kebijakan yang paling mencolok pada masa pemerintahannya adalah keputusan legalisasi pernikahan sesama jenis di Luksemburg. Ketentuan ini mulai berlaku di Luksemburg pada 2015.

Bettel, yang lahir pada 3 March 1973, memang pernah secara terbuka mengungkapkan dirinya adalah gay. Sejak Maret 2010, Bettel mengaku menjalin hubungan dengan pria bernama Gauthier Destenay. Pada Agustus 2014, Destenay melamar Bettel. Namun, pasangan ini akhirnya baru bisa menikah secara resmi pada Mei 2015, setelah peraturan legalisasi pernikahan sesama jenis resmi diberlakukan pada 1 Januari 2015. Uniknya, wakil Bettel di kantor Perdana Menteri, Etienne Schneider, diketahui juga seorang gay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement