Ahad 31 Jan 2016 02:37 WIB

Jerman Minta Imigran 'Pulang Kampung' Saat Perang Berakhir

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
Demonstran sayap kanan Jerman menentang imigran, Sabtu, 9 Januari 2016.
Foto: AP Photo/Oliver Berg/dpa via AP
Demonstran sayap kanan Jerman menentang imigran, Sabtu, 9 Januari 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, MECKLENBURG -- Kanselir Jerman Angela Merkel, mencoba menenangkan orang-orang yang selama ini mengkritisi kebijakannya karena membuka pintu bagi pengungsi dari Suriah dan Irak. Merkel meminta kepada pengungsi untuk pulang ke kampung halamannya jika perang di dua negara tersebut berakhir.

Meskipun terus didesak, namun Merkel tetap berpegang teguh pada prinsipnya untuk mempersilahkan para pengungsi mencari tempat berlindung di negaranya. Protes atas kebijakan Merkel tersebut muncul setelah ada kekhawatiran bagaimana menangani sekitar 1,1 juta migran yang datang tahun lalu. Di sisi lain, kejahatan dan keamanan menjadi sorotan usai gelomnbang serangan terhadap perempuan di Cologne saat tahun baru oleh seorang pria dari Afrika Utara yang berpenampilan Arab.

Merkel menegaskan, sebagian besar pengungsi hanya diizinkan untuk tinggal di Jerman dengan waktu yang terbatas. ''Kita perlu mengatakan kepada orang-orang bahwa ini hanya penampungan sementara, dan kami berharap setelah Suriah damai, dan Irak mengalahkan ISIS, anda harus kembali ke negara asal dengan pengetahuan yang anda dapat,'' kata Merkel seperti dikutip Reuters, dalam pertemuan Christian Democratic Union, di negara bagian Mecklenburg-Vorpommern, Sabtu (30/1).

Ia mengungkapkan, 70 persen dari pengungsi melarikan diri ke Jerman dari negara bekas Yugoslavia yang pada tahun 1990-an telah kembali. Merkel juga mendesak negara-negara Eropa lainnya untuk menawarkan bantuan lebih banyak, karena jumlah pengungsi di perlu dikurangi, dan jangan sampai terus meningkat, terutama di musim semi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement