Rabu 03 Feb 2016 13:44 WIB

AU AS dan Boeing Bangun Air Force One Baru

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan ibu negara, Michelle Obama, memang selalu terlihat akrab, seperti saat menuruni tangga pesawat kepresiden Air Force One di Pangkalan Angkatan Udara Andrews di Maryland, AS, Sabtu (5/5).
Foto:

Pesawat yang baru tidak diragukan lagi akan sangat berbeda dengan Air Force One saat ini, meskipun AU belum berkata banyak mengenai spesifikasinya.

Air Force One menghabiskan biaya sekitar 180 ribu dolar Amerika per jam untuk terbang dan memfasilitasi presiden dengan ruangan kantor yang luas, sebuah ruang pertemuan dan pusat kesehatan yang bahkan dapat diubah menjadi sebuah teater.

Pesawat itu juga harus membawa agen dinas rahasia yang melindungi presiden, begitu pula para penasihat dan jurnalis yang mengikutinya kemanapun dia terbang. Dapur di dalamnya dapat melayani hingga 100 orang secara bersamaan.

Air Force One dilengkapi dengan teknologi komunikasi tercanggih, yang mengizinkan presiden terus bekerja dimanapun dia berada meski jika Amerika Serikat sedang diserang. Pesawat tersebut juga membawa sejumlah teknologi pertahanan termasuk pencegahan elektronik dan suar antimisil.

Air Force One juga dapat melakukan pengisian bahan bakar pada saat terbang yang membuatnya dapat terbang selama berhari-hari. Pesawat yang baru akan memiliki mesin sangat kuat yang akan mendorong pesawat ke batas kecepatan suara dengan kecepatan Mach 0,92, lebih cepat dari pesawat 747-200 yang digunakan saat ini.

Meskipun demikian, tidak akan ada sebuah kapsul melarikan diri seperti yang diperlihatkan dalam sebuah film Air Force One dimana Harrison Ford menjadi presiden dalam film itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement