Jumat 05 Feb 2016 17:09 WIB

Ssttt ... 5 Negara Ini Pernah 'Berani' Menyatakan Perang Melawan AS

Rep: c21/ Red: Bilal Ramadhan
Negara-negara yang pernah menyatakan perang melawan AS
Foto:
Tentara Italia dekat Colloseum

4. Italia (1941)

Perang Dunia II telah dipertarungkan oleh dua kelompok negara. Banyak individu yang menyatakan perang terhadap AS, terutama Jepang dan Jerman. Karena pada saat yang sama, Jerman menyatakan perang terhadap AS. Ditambah dorongan oleh deklarasi AS karena Jepang telah menyerang pangkalan militer amerika di Pearl Harbour.

Meskipun saat itu, Diktator Italia Benito Mussolini kurang populer, tapi dirinya menyatakan perang dari balkon Romawi Piazza Venezia, dan mengatakan:

"Ini adalah hari lain, dari sebuah keputusan yang penting dalam sejarah Italia dan telah ditakdirkan untuk memberikan pelajaran kepada sejarah benua. Fasis Italia dan Nasionalis Sosialis Jerman pernah terikat erat. Dengan begitu, sejak hari ini, Italia berpartisipasi (dalam perang) melihat sisi heroik Jepang terhadap AS. Italia! Sekali lagi muncul dan akan menjadi saat yang bersejarah (untuk Italia)! Kita akan menang."

Namun, akhirnya kekuatan yang melawan AS telah berakhir pada 1945 setelah bom atom dijatuhkan di Jepang, dan memaksa mereka menyerah.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement