Jumat 05 Feb 2016 17:09 WIB

Ssttt ... 5 Negara Ini Pernah 'Berani' Menyatakan Perang Melawan AS

Rep: c21/ Red: Bilal Ramadhan
Negara-negara yang pernah menyatakan perang melawan AS
Foto:
Konflik di Panama

1. Panama (1989)

Seorang diktator, Jenderal Manuel Antonio Noriega, membuat deklarasi perang terhadap AS, tapi faktanya pernyataan tersebut tidak dilakukan secara resmi. Namun, Presiden AS George Herbert Walker Bush memaknainya untuk membenarkan invasi terhadap Panama.

Kemudian, hubungan dengan Jenderal Noriega menjadi tegang saat itu meskipun tidak selalu demikian. Karena, sebelumnya Noriega pernah menjadi seorang informan CIA saat Bush menjadi Presiden AS. Selain itu, dia juga pernah bekerja sebagai DEA dan berpihak ke AS di Amerika Tengah, bukan Uni Soviet.

Meskipun telah berperang melawan narkotika bersama AS. Namun, pada akhirnya, kesetiaannya bergeser ke blok Uni Soviet. Saat itu, sebuah invasi terjadi untuk menangkap Noriega, tapi Presiden AS sebelumnya, Ronald Reagan, menolak rencana tersebut.

Akhirnya, Bush yang gagal menanggapi korupsi Noriega, memerintahkan menginvasi Panama dan menyatakan perang terhadapnya. Namun, Noriega berusaha untuk menghindari penangkapan dan memperoleh perlindungan dalam misi Vatikan di Panama City.

Akan tetapi, tekanan psikologis dari tentara AS, termasuk dengan menggunakan musik rock yang diputar sepanjang hari dan malam, membuat Noriega menyerahkan diri.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement