Kamis 25 Feb 2016 08:18 WIB

Snowden Mulai Nyaman Tinggal di Rusia

Rep: Lintar Satria/ Red: Ilham
Edward Snowden.
Foto: Reuters
Edward Snowden.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Anatoly Kucherena, pengacara dari mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika atau National Security Agency (NSA), Edward Snowden, mengatakan Snowden sudah mulai nyaman di Rusia. Dia telah belajar beberapa hal dari Rusia.

"Edward baik-baik saja. Dia bekerja dan belajar tentang Rusia. Kita sudah bisa berbicara dengan dia tentang isu-isu tertentu, yang positif," kata Kucherena kepada RIA Novosti, Kamis (24/2). Kucherena telah mewakili Snowden sejak 2013 tanpa biaya.

Kucherena mengatakan, pacar Snowden sering  mengunjunginya. Kucherena juga mengaku bisa membantu untuk mendapatkan ijin tinggal untuk pacar Snowden jika disetujui.

Pada tahun 2013, Snowden mulai mengungkapkan dokumen rahasia yang berkaitan dengan praktek-praktek pengawasan massa yang dilakukan oleh otoritas AS di seluruh dunia. Pada tahun yang sama, Rusia memberikan suaka sementara sang whistleblower selama satu tahun. Pada bulan Agustus 2014, Snowden menerima izin tinggal tiga tahun untuk hidup di Rusia.

Sementara di Amerika Serikat, Snowden ditunggui tuntutan 30 tahun penjara atas tuduhan spionase dan pencurian properti pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement