Sabtu 27 Feb 2016 07:46 WIB

Sejarah Hari Ini: Kecelakaan Kereta yang Picu 'Perang' di India

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera India (Ilustrasi).
Foto: [ist]
Police Line

Pada hari ini tahun 1943, sebuah ledakan di pertambangan milik Montana Coal and Iron Company menewaskan 74 orang. Ini adalah bencana tambang terparah dalam sejarah Montana.

Sebagian besar korban adalah anggota komunitas kecil Washoe dan Bearcreek, Montana. Hampir semua orang di komunitas merupakan pekerja tambang dan keluarga mereka. Sebagian besar bekerja di tambang Smith untuk perusahaan di atas.

Pada Sabtu pagi 27 Februari, 77 pria sedang bekerja di sana. Pada pukul 9.30 pagi waktu setempat, sebuah ledakan menggelegar. Semua orang di Washoe dan Bearcreek mendengarnya. Tak lama sirine digaungkan.

Semua orang panik dan berhamburan mencari pertolongan. Dari 77 orang yang sedang bekerja, hanya tiga orang yang berhasil menyelamatkan diri. Sisanya tewas karena ledakan dan rendahnya oksigen di dalam tambang.

Penyebab ledakan masih tidak diketahui. Namun perusahaan mengklaim ledakan berasal dari gas metana di lorong yang terbengkalai. Semua orang Montana dan AS berduka pascakejadian. Hingga tambang itu tidak pernah beroperasi lagi.

sumber : BBC/history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement