Senin 14 Mar 2016 12:10 WIB

Dua Jurnalis ABC Terancam Dipenjara di Malaysia

artawan ABC Four Corners, Linton Besser dan Kameraman Louie Eroglu.
Foto:

Keduanya dibebaskan tanpa tuduhan pada Ahad (13/2), tapi tidak boleh meninggalkan Malaysia.  Paspor keduanya juga sudah dikembalikan.

 

Direktur Pemberitaan ABC, Gaven Morris menyangkal tuduhan terkait perilaku agresif yang dituduhkan kepada Besser dan Eroglu pada acara yang dihadiri PM di Kota Kuching.

 

"Saya bisa katakan wartawan kami tidak pernah berusaha menghambat atau berniat menghalangi petugas pemerintahan dalam melakukan tugas mereka. Mereka tidak melihat garis polisi dan meyakini kalau mereka tidak pernah melanggar garis polisi," kata Morris dalam sebuah pernyataan.

 

Morris menambahkan mereka berhenti merekam dan meninggalkan acara tersebut segera setelah keduanya diminta. Mereka sepenuhnya bekerja sama dengan polisi sebelum dan setelah penangkapan.

 

"Kami sedang melakukan segala hal yang kami bisa untuk mengatasi situasi ini secepat mungkin. Kami berharap penyelidikan polisi akan segera mencapai kesimpulan sehingga Louie dan Linton akan dapat bebas pergi Malaysia," ujarnya.

 

Fahmi Fadzil, juru bicara partai oposisi di Malaysia mengatakan kedua wartawan ABC itu terancam dipenjara jika tuduhan jadi dijatuhkan kepadanya.

 

"Saya kira mereka terancam melanggar pasal 136 dari KUHP, yang [mengacu] pada tindakan menghalangi seorang petugas dalam melaksanakan tugasnya," kata Fadzil. "[Ini] bisa membuat mereka dipenjarakan selama dua tahun. Tapi saya kira Perdana Menteri Najib tidak akan melakukan penuntutan karena akan menjadi cukup sensasional dan akan menimbulkan kontroversi internasional.

 

"Saya percaya pada akhirnya mereka nanti akan dideportasi dan mungkin tidak akan diizinkan kembali ke Malaysia, sayangnya, sampai kita melihat perubahan dalam kepemimpinan di Malaysia."

 

ABC telah melakukan kontak dengan kedua kru Four Corners tersebut maupun keluarga mereka. Mereka dikatakan dalam kondisi yang baik. Jaksa Agung Malaysia menurut rencana akan membuat keputusan tentang Besser dan Eroglu sebelum Rabu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement