Jumat 18 Mar 2016 14:18 WIB

Ada Hubungan Bisnis Rahasia Indonesia-Israel, Benarkah?

Bendera Indonesia dan Israel
Tampilan layanan bahasa Indonesia dalam situs Deplu Israel

"Sangat sulit untuk mendatangkannya ke Israel, kami tak ingin bertanggung jawab membahayakannya nanti di Tanah Air (Indonesia)," ujar seorang  pejabat Israel.

Menurut Ketua Asosiasi Perdagangan Luar Negeri (FTA) di Kementerian Ekonomi Israel Ohad Cohen, Indonesia telah menjadi patner lama Israel dengan nilai perdagangan keduanya mencapai ratusan juta dolar AS per tahun.

Ia menganggap, Indonesia merupakan negara demokrasi dan anggota WTO. Tidak ada pembatasan bagi perusahaan Indonesia untuk melakukan bisnis dengan Israel. "Mereka (pebisnis) tahu apa yang dibutuhkan pasar, dan mereka tahu kita bisa memenuhi permintaan mereka. Jadi, mereka bangga berhubungan bisnis dengan kami."

Artikel ini ditulis sebelum Indonesia menyatakan memboikot produk-produk dari Israel sesuai dengan kesepakatan OKI. Kendati jubir presiden mengaku yang diboikot bukan produk, melainkan kebijakan.   

Lantas benarkah Indonesia memiliki hubungan bisnis romantis dengan Israel?  Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (Ginsi) Rofiq Natahadibrata menuturkan, sejauh ini tidak ada produk, baik makanan maupun alat berat, yang langsung didatangkan Ginsi dari Israel.

sumber : Middle East Monitor/Times of Israel

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement