Rabu 23 Mar 2016 20:39 WIB

Presiden Mesir Rombak Kabinet dan Tunjuk 10 Menteri Baru

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ilham
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.
Foto: Reuters
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesi Andel Fattah el-Sisi me-reshuffle kabinetnya pada Rabu (23/3). Ia juga menunjuk 10 menteri baru, termasuk untuk keuangan dan menteri investasi.

Veteran perbankan Amr elGharhy ditunjuk sebagai menteri keuanan dan Dalia Khorshid yang merupakan mantan Orascom Construction Industries sebagai menteri investasi.

Seperti diberitakan Middle East Onlie, perubahan diumumkan sepekan setelah bank sentral mendevaluasi pound Mesir bergantung pada impor menghadapi kelangkaan dolar. Sisi juga menunjuk empat wakil menteri baru, satu untuk menteri perencanaan dan tiga wakil menteri keuangan untuk urusan keuangan, kebijakan pajak, dan kebijakan fiskal.

Mohamed Hossam Abdel Rehim diangkat sebagai menteri kehakiman, mengisi posisi yang telah kosong selama 10 hari sejak mantan menteri Ahmed al-Zend dipecat karena komentarnya.

Jabatan lain yang rombak adalah menteri keadilan, barang antik, sektor publik, tenaga kerja, irigasi, penerbangan sipil, transportasi, dan pariwisata.

Industri pariwisata Mesir anjlok setelah sebuah pesawat Rusia meledak di atas semenanjung Sinai pada Oktober, lalu. Insiden itu menewaskan semua orang di dalamnya, 224 orang.

Negara Islam mengaku menanam bom dalam pesawat. Kementerian penerbangan sipil juga mendapat kritik karena penyimpangan keamanan bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement