Kamis 24 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Sang 'Ratu Perawan' Meninggal Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth I
Foto:
Pertemuan bersejarah anatara Obama dan Castro di Kuba

Untuk pertama kalinya sejak memutuskan hubungan diplomatik pada 24 Maret 1961, Kuba dan Amerika Serikat melakukan negosiasi langsung saat kedua negara membahas hak nelayan. Pembicaraan menandai dramatis, perubahan dalam hubungan antara dua musuh Perang Dingin tersebut.

History.com melaporkan, Fidel Castro memimpin Kuba lebih jauh dari orbit AS dan lebih dekat ke blok Soviet sejak berkuasa pada 1959. Sepanjang 1960, Amerika Serikat dan Kuba masih terus bermusuhan satu sama lain.

Ketika Jimmy Carter menjabat pada 1977, ia menunjukkan ke Kuba Amerika Serikat siap masuk ke dalam negosiasi diplomatik langsung pada sejumlah isu, termasuk hak-hak nelayan. Pada 24 Maret 1977, negosiator dari Amerika Serikat dan Kuba bertemu di New York City untuk membahas isu pemancingan ikan. Ini adalah pertama kalinya sejak 1961 AS dan para pejabat Kuba berbicara tatap muka.

Dalam bulan-bulan berikutnya, terobosan lain terjadi. Namun, meski hal itu menjadi tanda menggembirakan, banyak faktor menghambat kemajuan normalisasi hubungan kedua negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement