Kamis 24 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Sang 'Ratu Perawan' Meninggal Dunia

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth I
Foto:
Robert Koch, penemu bakteri TBC

Robert Koch, seorang dokter dan ilmuwan Jerman, mempresentasikan penemuan Mycobacterium tuberculosis, bakteri yang menyebabkan tuberkulosis (TB) pada malam 24 Maret 1882. Dia mulai dengan mengingatkan peserta yang hadir mengenai statistik menakutkan mengenai penyakit tersebut.

Dilansir laman Nobel Prize, menurut Koch, jika pentingnya penyakit bagi umat manusia diukur dengan jumlah korban jiwa yang disebabkan, menurutnya, TBC harus dianggap jauh lebih penting daripada penyakit menular yang paling ditakuti, wabah, kolera, dan sejenisnya. Hal ini karena satu dari tujuh manusia meninggal karena TBC.

Kuliah Koch kala itu dianggap oleh banyak yang hadir sebagai kuliah yang paling penting dalam sejarah medis. Kuliahnya begitu inovatif, inspiratif, dan menyeluruh. Koch bahkan membawa seluruh laboratoriumnya ke ruang kuliah. Dia ingin mereka yang hadir dapat memeriksa temuannya untuk diri mereka sendiri.

Berita penemuan Koch menyebar dengan cepat. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal medis Jerman pada 10 April. Robert Koch sekarang terkenal sebagai seorang ilmuwan dan menjadi "Bapak Bakteriologi". Ia mendapat Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran pada 1905 untuk penyelidikan dan penemuan dalam kaitannya dengan TB.

Selanjutnya: Pertama Kali AS-Kuba Negosiasi Langsung Setelah Pemutusan Hubungan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement