Kamis 31 Mar 2016 07:26 WIB

Sejarah Hari Ini: Dalai Lama Menyelamatkan Diri ke India

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Dalai Lama menyapa pengunjung di Festival Musik Glastonbury, Inggris
Menara Eiffel

Pada 31 Maret 1889, Menara Eiffel diresmikan di Paris dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Gustave Eiffel sang desainer menara. Peresmian dihadiri Perdana Menteri Perancis Pierre Tirard, beberapa pejabat lainnya, dan 200 pekerja konstruksi.

History.com melaporkan, pada 1889, untuk menghormati 100 tahun Revolusi Perancis, pemerintah Prancis mengumumkan kompetisi desain untuk monumen yang akan dibangun di Champ-de-Mars di pusat kota Paris. Dari lebih dari 100 desain yang diajukan, Komite Centennial memilih rencana Eiffel untuk menara besi dengan kisi-kisi terbuka dengan tinggi mencapai hampir 1.000 kaki di atas Paris dan menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia.

Eiffel, adalah seorang master konstruksi logam dan merancang rangka Patung Liberty yang baru saja didirikan di New York. Menara Eiffel awalnya disambut dengan skeptisisme dari para kritikus yang berpendapat itu akan menjadi struktur bangunan yang tidak sehat. Ada pula yang berpikir itu akan merusak pemandangan di jantung kota Paris.

Tak Gentar, Eiffel menyelesaikan menara besar di bawah anggaran hanya dalam dua tahun.

Menara Eiffel tetap struktur buatan manusia tertinggi di dunia sampai selesainya Chrysler Building di New York pada 1930. Dalam beberapa dekade bangunan setingi 984 kaki itu dianggap sebagai salah satu maha karya arsitektur.

Selanjutnya: Isaac Newton Tutup Usia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement