Kamis 31 Mar 2016 07:26 WIB

Sejarah Hari Ini: Dalai Lama Menyelamatkan Diri ke India

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Dalai Lama menyapa pengunjung di Festival Musik Glastonbury, Inggris
Sir Isaac Newton

Fisikawan dan ahli matematika Inggris Sir Isaac Newton tutup usia pada 31 Maret 1727. Newton paling terkenal dengan hukum gravitasinya dan berperan penting dalam revolusi ilmiah pada abad ke 17.

Dikutip dari Bioraphy.com, Newton lahir pada 4 Januari 1643 di Woolsthorpe, Inggris. Ia merupakan satu-satunya fisikawan yang dimasukkan dalam salah satu pemikir besar Revolusi Ilmiah abad ke 17. Dengan penemuannya di bidang optik, gerak dan matematika, Newton mengembangkan prinsip-prinsip fisika modern.

Pada 1687, ia menerbitkan karyanya yang paling terkenal, Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip Matematika Filsafat Alam). Buku itu disebut-sebut sebagai buku paling berpengaruh dalam ilmu fisika.

Menjelang akhir kehidupan ini, Newton tinggal di Cranbury Park, dekat Winchester, Inggris dengan keponakannya, Catherine (Bancroft) Conduitt dan suaminya, John Conduitt. Pada saat ini, Newton telah menjadi salah satu orang paling terkenal di Eropa, penemuan ilmiah yang tak tertandingi, dan salah satu yang terkaya.

Namun meskipun sangat terkenal, kehidupan Newton jauh dari sempurna. Dia tidak pernah menikah atau memiliki banyak teman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement