Selasa 12 Apr 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Rusia Kalahkan AS dalam 'Pertarungan' Luar Angkasa

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Yuri Gagarin, kosmonot pertama Uni Sovyet yang terbang ke luar angkasa
Foto:
Franklin Delano Roosevelt

Pada hari ini tahun 1945 silam, presiden Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Rooselvet menghembuskan napas terakhir karena kesehatannya yang semakin memburuk.

Saat itu di sebuah tempat di Warm Springs, Georgia, AS, Roosevelt duduk di ruang tamu dengan Lucy Mercer yang merupakan selingkuhannya berserta dua sepupu, dan anjingnya Fala saat seniman Elizabeth Shoumatoff melukis potret sang presiden.

Menurut penulis biografi presiden tersebut, Doris Kearns Goodwin, saat itu sekitar pukul 13.00 waktu setempat, presiden tiba-tiba mengeluh sakit hebat di belakang kepala dan tiba-tiba tidak sadarkan diri. Salah satu perempuan yang mengenali gejala pendarahan otak segera memanggil dokter untuk menolong Rooselvet.

Upaya penyelamatan segera dilakukan supaya orang nomor satu di AS tersebut kembali sadar, namun itu sia-sia. Mercer dan Shoumatoff cepat meninggalkan rumah, memperkirakan keluarga Rooselvet segera tiba setelah tersiar kabar.

Dokter lainnya menelepon istri presiden, Eleanor Roosevelt di Washington DC, dan memberitahukan bahwa suaminya pingsan. Sang istri mengatakan kepada dokter dia akan melakukan perjalanan ke Georgia malam itu. Namun, pada pukul 15.30 waktu setempat, dokter di Warm Springs mengatakan Rooselvet wafat. Ia meninggalkan Wakil Presiden AS Harry S Truman memimpin sebuah negara yang masih berjuang menghadapi perang dunia kedua.

sumber : BBC, History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement