Ahad 17 Apr 2016 09:00 WIB

Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Bilal Ramadhan
 Pesawat pengintai P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat.  (foto :EPA)
Pesawat pengintai P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat. (foto :EPA)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah pesawat pengintai Angkatan Udara Amerika Serikat dicegat oleh jet Rusia SU-27 dalam cara tidak aman dan tidak profesional. Pencegatan terjadi saat terbang rutin di wilayah udara internasional di Laut Baltik.

"Pesawat AS yang beroperasi di wilayah udara internasional dan tidak pernah ada waktu menyeberang ke wilayah Rusia," kata juru bicara Pentagon Laura Seal dilansir dari Channel News Asia, Ahad (17/4).

Menurut Komando Eropa militer AS, insiden itu terjadi tak lama setelah pesawat Rusia berulang kali berdengung di USS Donald Cook pekan lalu, termasuk sebuah insiden pada Selasa (12/4) di mana jet Rusia Su-24 terbang sembilan meter di atas kapal dalam simulasi serangan.

Rusia membantah melakukan tindakan sembrono atau provokatif tersebut. Seal mengatakan, pencegatan tidak aman dan tidak profesonal tersebut memiliki potensi menyebabkan kerusakan dan cedera serius kepada semua awak pesawat yang terlibat.

"Lebih penting lagi, tindakan tidak aman dan tidak profesional dari seorang pilot tunggal berpotensi hal tidak perlu, meningkatkan ketegangan antar negara," lanjut dia. Pesawat AS tersebut adalah RC-135.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement