Senin 25 Apr 2016 15:18 WIB

Remaja Ditangkap Diduga Rencanakan Serangan Terorisme di Hari Anzac

Pengamanan polisi Australia di Hari Anzac sangat jelas terlihat ditingkatkan, kata Komisioner Andrew Scipione.
Foto:

Polisi mengatakan pihaknya mengenali remaja pria yang ditangkapnya, tetapi mereka percaya Ia bertindak sendirian. Komisaris Scipione mengatakan pengamanan untuk acara Hari Anzac telah ditingkatkan. "Pengamanan yang kami lakukan pada peringatan Hari Anzac selalu tinggi, tapi pada peringatan tahun ini lebih kami tingkatkan lagi," katanya.

 
"Peningkatan pengamanan yang kami lakukan jelas terlihat dan harus dimaklumi karena saat ini kita dalam ancaman, dan dalam hal level peringatan yang berlaku saat ini adalah mungkin/probable. "Serangan yang direncanakan tidak terjadi, jadi itu hal yang baik," katanya.
 
"Apa yang telah kami lakukan adalah melakukan intervensi untuk menghentikan serangan. Itulah yang terjadi, tingkat kita keamanan di Anzac Day selalu tinggi."
 
Dia mengatakan usia remaja yang diduga merencanakan serangan teror ini menjadi catatan khusus. "Usia individu ini jelas menjadi perhatian bagi kita, dan hal itu tetap menjadi ukuran dari tugas yang sedang berlangsung yang dihadapi penegak hukum dan masyarakat.
 
Sementara itu Menteri Kehakiman Federal, Michael Keenan menyebut kabar penangkapan remaja  berusia 16 tahun ini sebagai skenario yang mengerikan dan mengganggu. Berbicara dari Perth, katanya Badan Keamanan Australia berhasil menggagalkan enam serangan teror di Australia dalam 18 bulan terakhir.
 
"Kami telah menginvestasikan $1,3 miliar pada polisi kita, Komisi Kejahatan Australia, komite intelijen dan lembaga lainnya yang bekerja untuk menjaga kita agar aman dari serangan terorisme," katanya.
 
"Penangkapan yang mereka lakukan semalam merupakan contoh nyata yang baik kalau personil polisi anti teror Australia memiliki kemampuan dan alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan tugas pengamanan tersebut, dan sekali lagi Saya mengakui usaha yang dilakukan khususnya lembaga keamanan yang menjadi tanggung Saya, yakni Polisi Federal Australia," katanya.
 
Menteri Keenan menambahkan tidak ada indikasi akan dilakukan penangkapan lebih banyak lagi terkait dengan kasus ini.
 

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-25/polisi-nsw-tangkap-remaja-pria-yang-dituduh-rencanakan-serangan-terorisme-di-hari-anzac/1573528
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement