Sabtu 07 May 2016 07:31 WIB

Wali Kota London Sadiq Khan, Anak Sopir Bus Menang Lawan Anak Miliarder

Sadiq Khan, Wali Kota Muslim pertama London.
Foto:

Sejak awal masa kampanye, Khan selalu memimpin dalam sejumlah jajak pendapat meski lawannya, Goldsmith selalu menuding dia sebagai tokoh radikal Muslim dan memberi nafas bagi ekstremisme jika terpilih menjadi wali kota. Khan sendiri membantah tudingan tersebut dengan menyatakan dia selalu melawan ekstremisme sejak lahir. Partai Buruh menuding Goldsmith telah menggunakan kampanye hitam.

Goldsmith berkilah dia hanya mengajukan pertanyaan yang wajar. Namun demikian, sejumlah pemilih yang diwawancarai Reuters justru menilai kampanye Goldsmith sebagai hal yang menjijikkan dan hina. Di sisi lain, Khan juga harus menjaga jarak dengan pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn yang tengah mendapat kritik besar terkait isu anti-Semitisme.

Corbyn memerintahkan penyelidikan terhadap Ken Livingston, yang juga merupakan kader Partai buruh dan mantan wali kota London karena menyatakan Adolf Hitler mendukung zionisme.

Dalam pemilu regional yang dilakukan di sejumlah wilayah Britania Raya, suara Partai Buruh secara keseluruhan turun 9,2 persen di Skotlandia dibanding 2011 lalu. Mereka juga mengalami penurunan suara di Wales sebanyak 7,6 persen. Meski demikian, performa partai tersebut di Inggris justru lebih baik dari yang diperkirakan.

Hal ini membuat posisi Corbyn sebagai pemimpin Partai Buruh masih aman untuk sementara waktu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement