Rabu 25 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Deportasi Besar-besaran Orang Armenia di Turki

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah keluarga dari Armenia yang mengalami deportasi besar-besaran dari Turki ke Suriah dan Mosul pada 1915.
Foto:
Robot BB-8, R2-D2, dan C-3PO dari film Star Wars: The Force Awakens saat muncul di panggung Oscar.

Penggemar fiksi ilmiah dan penggemar film paada umumnya memiliki alasan untuk merayakan hari ini 1977. Saat itu, 20th Century Fox merilis ruang pengembaraan George Lucas Star Wars.

Setelah dilm kedua Lucas, American Graffiti (1973) menjadi hit, Fox sepakat memasang proyek berikutnya. Setelah empat tahun diproduksi, termasuk pengambilan gambar lokasi di Tunisia dan Death Valley, Kalifornia, Star Wars siap untuk rilis.

Meski melakukan kampanye publisitas besar-besaran, Fox hanya merilis Star Wars di 42 bioskop dengan terget pasar penggemar fiksi ilmiah. Pada akhir pekan pertama, film ini telah menghasilkan tiga juta dolar AS dan pada akhir musim panas meraup sekitar 100 juta dolar AS.

Selain sukses secara komersial, Star Wars telah diterima dengan baik oleh kritikus dan dinominasikan untuk 10 Academy Awards, termasuk Best Picture. Star Wars memenangkan enam kategori, sebagian besar teknis dan menerima Oscar tambahan untuk Special Achievement in Sound Editing.

Keberhasilan Star Wars ini menghidupkan kembali genre film fiksi ilmiah yang sebelumnya dianggap sangat tidak menguntungkan.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement