Jumat 03 Jun 2016 05:43 WIB

Sejarah Hari Ini: Tragedi Tiananmen Dimulai

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Ratusan ribu mahasiswa dan masyarakat Cina melakukan aksi unjuk rasa di lapangan Tiananmen Beijing
Foto: mecartornet
Duke of Windsor

Di Prancis, Duke Windsor atau sebelumnya dikenal sebagai Raja Edward VIII di Inggris dan Britania Raya menikah dengan Wallis Warfield, seorang perempuan berstatus janda dari Amerika Serikat (AS). Pernikahan yang membuatnya harus kehilangan tahta raja tersebut berlangsung pada 3 Juni 1937.

Edward merupakan anak tertua dari Raja George V. Ia lahir pada 1896 dan mulai meneruskan tahta kerajaan secara resmi mulai 1910.

Selama Perang Dunia I, ia menjabat sebagai staf perwira. Pada 1920, Edward memulai perjalanan ke sejumlah negara lain dengan menyandang gelar sebagai seorang Pangeran Wales.

Hingga mendekati usia 40, Edward tak kunjung menikah. Namun, saat itu ia bertemu dengan sejumlah sosialita yang sering kali datang saat acara Fort Belvedere. Ia pun melihat Wallis dan langsung jatuh cinta dengannya.

Wallis saat itu adalah istri dari pengusaha Inggris-AS, Ernest Simpson. Ia tinggal di London karena mengikuti sang suami. Sebelumnya, ia juga pernah menikah dengan pilot, namun bercerai.

Pihak keluarga kerajaan menentang keinginan Edward menikah dengan Wallis. Namun, pada 1936 ia semakin bersikeras dan berencana untuk menyampaikan niatnya pada raja.

Meski demikian, hal itu tak dapat terwujud karena Raja George V meninggal, tepatnya pada 20 Januari 1936. Edward kemudian secara resmi menggantikan posisi ayahnya sebagai raja.

Saat itu, Edward tetap menjalin kasih dengan Wallis. Pihak keluarga terus melakukan penentangan. Salah satunya adalah dengan alasan dalam hukum gereja Inggris, serta politisi negara itu tak membenarkan perempuan Amerika dan pernah menikah dua kali menjadi Ratu Inggris.

Edward yang bersikeras menikahi Wallis kemudian mengusulkan pernikahan morganatic. Ia kemudian mengajukan hak pangkat bagi calon istrinya itu. Namun, hal ini ditolak oleh Perdana Menteri Inggris Stanley Baldwin.

Skandal Edward yang hendak menikahi Wallis tersebar di media cetak. Hal ini membuat Parlemen Inggris secara terbuka memutuskan bahwa ia harus turun dari tahta raja yang telah dimilikinya selama lebih kurang 325 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement