Kamis 16 Jun 2016 07:21 WIB

Sejarah Hari Ini: Tsunami Besar Landa Jepang, 20 Ribu Orang Tewas dan Hilang

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
tsunami/ilustrasi
Rollercoaster

Pada 16 Juni 1884, roller coaster untuk pertama kalinya hadir di Amerika Serikat (AS).  Wahana permainan ini dibuka atas ide dari LeMarcus Thompson di Coney Island, Brooklyn, New York.

Panjang lintasan rel untuk roller coaster ini saat itu adalah sekitar enam mil. Banyak orang di negara tersebut yang menyambut gembira permainan yang memicu adrenalin tersebut.

Coney Island sendiri saat ini terkenal sebagai taman hiburan yang namanya diartikan sebagai Pulau Kelinci. Pulau yang terletak di sekitar Samudra Atlantik itu pertama kali ditemukan oleh penjelajah bernama Hendry Hudson pada 1609.

Setelah ditemukan, di Coney Island didirikan sebuah hotel. Tak hanya itu, seiring berjalannya waktu, bioskop, restoran, hingga trek balap juga dibangun di pulau tersebut .

Taman hiburan pertama kali dirikan antara 1897 hingga 1904. Meski saat itu belum ada wahanan permainan seperti roller coaster, banyak orang yang sudah berdatangan ke sana.

Namun, sejak adanya roller coaster, popularitas Coney Island semakin meningkat. Pada musim panas, pengunjung yang datang untuk menikmati wahana permainan itu bisa mencapai satu juta orang per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement