Selasa 21 Jun 2016 10:17 WIB

Terkesan Makna Silaturahim, Dubes Australia Bukber 15 Kali

Duta Besar Australia menggelar buka puasa bersama jurnalis perempuan Indonesia di kediamannya di Jakarta.
Foto:

Dubes Paul melihat keberagaman di antara orang yang datang di acara buka puasa bersama. Sementara di negara lain, buka puasa lebih dilakukan dengan pendekatan yang lebih tradisional, katanya.

“Acara buka puasa di Indonesia, orang-orang yang datang..keceriaan mereka itu mengingatkan saya pada bagaimana warga Australia merayakan Natal dan hari libur lain dengan keluarga mereka,” kemuka diplomat yang bertugas di Indonesia sejak awal tahun 2015 ini.

Ia menyambung,” Keduanya adalah tradisi yang luar biasa.” Hal lain yang ia cermati adalah bagaimana para pemeluk agama berinteraksi di sepanjang acara buka puasa bersama yang pernah ia ikuti.

“Misalnya ketika anda datang ke buka puasa di rumah saya ini, latar belakang dan koneksi orang-orang yang datang begitu luas dan percakapannya-pun beragam. Ada yang membicarakan masalah isu sosial, perbaikan komunitas, apa yang bisa mereka kontribusikan...hal-hal positif lain di luar topik agama,” ceritanya kepada Nurina Savitri.

“Yang lebih menarik lagi, semua masyarakat Indonesia, menurut saya, bisa turut merasakan kegembiraannya, tak melulu mereka yang menjalani puasa Ramadan.”

Menyadari arti penting acara buka puasa bersama sebagai penyambung silaturahmi, Dubes Paul banyak mengundang berbagai kelompok dan kalangan untuk berbuka di kediamannya di Jakarta.

“Kami memiliki beragam kontak dan jaringan di Indonesia, saya ingin memanfaatkan momen ini untuk memperkuat jalinan dengan mereka. Terkadang kami mengundang orang-orang yang tua, lain hari kami mengundang anak-anak muda kreatif dengan segudang talenta,” tuturnya.

“Yang paling utama, saya tak pernah lupa minta staf saya memasak kari ayam untuk menu berbuka bersama,” candanya menutup perbincangan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/terkesan-makna-silaturahmi-di-balik-ramadan/7528016

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement