Rabu 29 Jun 2016 05:44 WIB

Sejarah Hari Ini: Pusat Perbelanjaan di Seoul Hancur, Lebih dari 500 Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Pusat perbelanjaan Sampoong yang hancur.
Foto:
Police line. Ilustrasi

Seorang dokter di Boston, Amerika Serikat (AS) bernama Dirk Greineder dinyatakan bersalah atas kematian istrinya, Mabel Greineder pada 29 Juni 2001. Ia dinyatakan melakukan pembunuhan tingkat pertama.

Pada 31 Oktober 1999, Dirk menghubungi nomor darurat 911 dan melaporkan istrinya telah diserang oleh seseorang di taman dekat rumahnya. Ia mengatakan bahwa saat itu sang istri yang dipanggil May itu tengah berjalan-jalan bersama anjing peliharaan mereka.

Saat itu, kondisi istri Dirk sangat mengenaskan. Sekujur tubuhnya lebam seperti dipukuli berulang-ulang dan dadanya ditikam.  Polisi kemudian menemukan adanya sarung tangan, palu, dan pisau lipat di dekat lokasi kejadian. Benda-benda itu telah dibuang ke dalam saluran got.

Dalam penyelidikan lebih lanjut, polisi menemukan kejanggalan dari Dirk. Ia diketahui memiliki kehidupan rahasia yang aneh. Menggunakan nama alias Thomas Young, dirinya sering melakukan pertemuan dengan wanita penghibur di rumah dan klinik praktek tempatnya bekerja.

Bahkan, polisi juga menemukan fakta bahwa sehari setelah kematian istrinya, Dirk kembali melakukan prostitusi dengan menghubungi wanita penghibur ke rumahnya. Dari sana, diduga kuat  ia sengaja membunuh istrinya agar dapat melakukan tindakan asusila dengan lebih leluasa.

Penuntut juga mendapat bukti Dirk telah sengaja menelpon 911 setelah istrinya terbunuh. Pada sarung tangan dan palu yang dibuang di dekat lokasi kejadian juga ditemukan darah miliknya.

Dirk dinyatakan bersalah pada 29 Juni 2001 dengan hukuman penjara seumur hidup. Tidak ada kemungkinan akan pembebasan bersyarat diberikan terhadapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement