Kamis 14 Jul 2016 06:05 WIB

Sejarah Hari Ini: Militer Gulingkan Monarki Irak

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Mayor Jenderal Abdul Karim el Qasim adalah panglima dan perdana menteri baru Irak setelah menggulingkan monarki pada 14 Juli 1958..
Foto:
Seorang bocah laki-laki memegang bendera Prancis dalam aksi solidaritas di luar Kedutaan Besar Prancis di Bogota, Kolombia, Sabtu, 14 November 2015.

Pada 14 Juli 1989, ratusan ribu warga Prancis bersuka ria turun ke jalan-jalan ibu kota Paris untuk merayakan ulang tahun ke-200 penyerbuan Bastille.

Kebanyakan orang menikmati suasana karnaval di kota tapi sekelompok membuat masalah, melecehkan kru TV asing dan melemparkan batu ke polisi saat mereka mencoba untuk memulihkan ketertiban. Sekitar 500 orang telah terlibat dalam baku hantam di Place de la Bastille di Paris.

Ada kekacauan lalu lintas seperti orang menari di jalan-jalan, memakai kembang api berwarna merah, putih, dan biru yang merupakan tiga warna revolusi.

Hari ini juga adalah pembukaan resmi ruang konser, Opera Bastille, yang telah dibangun di situs penjara Bastille, di mana Revolusi Prancis dimulai pada 1789.

Selanjutnya: Pasukan Inggris di Irak Menarik Diri

 

 

 

 

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement