Sabtu 06 Aug 2016 08:27 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Jatuhkan Bom Atom di Hiroshima

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Suasana Hiroshima yang hancur lebur setelah dibom atom Amerika
Foto:

Pada 6 Agustus 1890, di penjara Auburn di New York, eksekusi pertama oleh kursi listrik pertama kali dilakukan dalam sejarah. William Kemmler, dieksekusi dengan metode kursi listrik setelah membunuh kekasihnya dengan kapak.

History.com melaporkan, penggunaan listrik yang dinilai sebagai sarana paling manusiawi untuk mengeksekusi diusulkan pertama kali pada 1881 oleh Dr Albert Southwick.

Ia sempat menyaksikan seorang pemabuk tua tewas setelah menyentuh terminal generator listrik. Ia menilai pria tersebut tewas tanpa kesakitan setelah tersengat listrik.

Pada 1889, Undang-Undang Eksekusi dengan Listrik pertama kali diberlakukan. Edwin R. Davis diminta merancang kursi listrik unuk mengeksekusi terpidana mati.

Pada 6 Agustus 1890, Kemmler menjadi orang pertama yang dibawa ke kursi listrik. Setelah diikat ia awalnya disengat listrik sekitar 700 volt namun gagal, ia kemudian disengat listrik 1.030 volt selama dua menit dan tewas.

Dr. Southwick yang hadir saat eksekusi menyambut baik hal itu. Ia mengatakan telah hidup dalam peradaban yang lebih baik.n Gita Amanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement