Sabtu 06 Aug 2016 08:27 WIB

Sejarah Hari Ini: AS Jatuhkan Bom Atom di Hiroshima

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Suasana Hiroshima yang hancur lebur setelah dibom atom Amerika
Foto:
Kursi Listrik (Ilustrasi)

Andy Warhol adalah pelukis, pembuat film dan penulis kenamaan asal Amerika. Ia digadang-gadang sebagai tokoh pergerakan pop art.

Lahir dengan nama Andrew Warhol pada 6 Agustus 1928, Warhol sempat menempuh pendidikan di Carnegie Institute of Technology. Pada 1949, ia pindah ke New York dan mengubah namanya menjadi Warhol. Dia sempat bekerja sebagai seniman komersial untuk majalah dan juga merancang iklan.

Sepert dilansir BBC History, pada awal 1960-an, Warhol mulai bereksperimen dengan reproduksi berdasarkan iklan, berita utama surat kabar dan gambar yang diproduksi secara massal lainnya dari budaya populer Amerika. Pada 1962, ia memulai potret seri dari Marlyn Monroe.

Pada 1963, Warhol mulai membuat film eksperimental, studionya dikenal dengan The Factory menjadi titik temu bagi seniman muda, aktor dan musisi.

Warhol kini dikenal sebagai seniman internasional yang terkenal di era tahun 1970-an dan 1980an. Karya-karyanya dipamerkan di seluruh dunia.  Pada 22 Februari 1987, Warhol tutup usia di sebuah rumah sakit di New York.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement