Kamis 01 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Qaddafi Pimpin Kudeta Lawan Raja Idris I

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Mendiang Muammar Qaddafi
Hitler

Hari ini, 1 September 1939, pasukan Jerman membombardir Polandia atas perintah Adolf Hitler yang berusaha merebut kembali wilayahnya yang hilang. Insiden tersebut menandai dimulainya Perang Dunia II.

Dalam menginvasi Polandia, Jerman menggunakan strategi blitzkrieg atau serangan kilat. Penyerangan ditandai dengan pengeboman besar-besaran untuk menghancurkan pertahanan udara musuh, serta menghancurkan rel kereta api, jalur komunikasi dan amunisi dengan mengerahkan banyak tentara, tank dan artileri.

Dilansir dari History, setelah Hitler berhasil mendirikan basis operasi di Polandia sebagai negara target, ia mulai menyiapkan pasukan keamanan untuk memusnahkan musuh Nazi, entah itu yang berbeda ideologi, ras, agama, atau pandangan politik.

Kamp untuk budak dan tempat untuk memusnahkan warga sipil juga telah disiapkan Hitler. Dalam satu hari Jerman menginvasi Polandia, Hitler bahkan telah menyiapkan pasukan khusus bernama “Death’s Head” untuk meneror penduduk.

Nahasnya, Polandia tidak memiliki rencana strategis untuk melawan Jerman. Meski berjumlah satu juta orang, pasukan Polandia tidak dibekali dengan senjata yang mumpuni.

Polandia justru menggunakan taktik perang lama dengan memilih menyerang Jerman dari depan, bukannya memperkuat pertahanan. Pemikiran kuno Polandia tersebut tentu tidak bisa melawan pasukan Jerman yang lebih besar yang dilengkapi dengan persenjataan modern.

Inggris lalu merespons serangan bom Jerman ke Polandia, tiga hari kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement