Selasa 20 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Antariksa Soviet Bawa Batu Bulan ke Bumi

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat ruang angkasa Luna 16 milik Uni Soviet berhasil mendarat di Bulan dan membawa pulang batu sampel dari permukaannya pada 20 September 1970.
Foto:
Seorang bintang berjalan di karpet merah Festival Film Cannes ke-69. Setiap tahun ajang ini selalu diikuti oleh bintang ternama dunia.

Festival Film Cannes diselenggarakan pertama kali di kota Cannes, Riviera, Prancis pada 20 September 1946. Pada awalnya Festival Film Cannes akan dihelat pada September 1939, tapi meletusnya Perang Dunia II memaksa festival ini dibatalkan.

Festival film internasional pada awalnya hanya ada di Venezia, Italia yang diresmikan pada 1932. Namun sejak 1938, Festival Film Venezia dijadikan alat propaganda fasis oleh Benito Mussolini dan Nazi oleh Adolf Hitler.

Mereka mendikte pemilihan film yang sesuai dengan paham masing-masing. Keduanya juga memberikan hadiah khusus bagi pemenangnya.

Merasa kecewa dengan propaganda tersebut, Prancis memutuskan menyelenggarakan festival film lain, yaitu Festival Film Cannes. Cannes dipilih karena merupakan salah satu kota pantai indah yang ada di Prancis.

Perang Dunia II berlangsung selama enam tahun. Pada 1946, Pemerintah Prancis menyetujui kembalinya Festival Film Cannes setelah sebelumnya tertunda, sebagai sarana pemikat bagi wisatawan untuk mengunjungi Riviera Prancis.

Ada 18 negara yang mengikuti festival film ini. Sejumlah film diputar, termasuk film The Lost Weekend karya sutradara Austria Billy Wilder; Open City karya sutradara Italia Roberto Rossellini; The Battle of the Rails karya sutradara Prancis Rene Clement; dan Brief Encounter karya sutradara Inggris David Lean.

Dilansir dari History, Festival Film Cannes sempat tidak diselenggarakan pada 1948 dan 1950 karena alasan ekonomi. Meski demikian, Festival Film Cannes dianggap sebagai festival film paling bergengsi di dunia.

Lebih dari 30 orang datang ke Cannes untuk menghadiri festival film tersebut. Lebih dari 100 film mengikuti festival ini setiap tahunnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement