Ahad 25 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Tabrakan Dua Pesawat di Udara Tewaskan 153 Orang

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah pesawat jet milik Pasific Southwest Airlines bertabrakan dengan pesawat Cessna di langit San Diego dan menewaskan 153 orang, pada 25 September 1978.
Foto:
Pintu masuk Blok H5 di Penjara Maze di Irlandia utara.

Sebanyak 38 tahanan melarikan diri dari penjara Maze di Irlandia Utara, pada 25 September 1983. Insiden tersebut cukup mengejutkan mengingat Maze merupakan salah satu penjara dengan penjagaan keamanan yang ketat.

Ide melarikan diri didalangi oleh seorang tahanan bernama Dermot Finucane. Seorang petugas penjara tewas dan lainnya luka parah saat para tahanan membuat kerusuhan sebelum melarikan diri.

Para tahanan menggunakan senapan dan pisau yang diselundupkan untuk mengalahkan petugas penjara. Mereka lalu membajak sebuah truk makanan dan keluar melalui pintu utama.

Sepuluh tahanan yang berasal dari Blok H7 berhasil ditangkap kembali dalam beberapa jam. Lima orang lainnya berhasil ditangkap sembilan tahun setelah insiden, yaitu pada 1992.

Dilansir dari BBC, beberapa dari tahanan tewas dalam penyergapan. Sementara yang lainnya berhasil kabur dan tidak ditemukan.

Penjara Maze ditutup setelah adanya Persetujuan Belfast. Tahanan terakhir dipindahkan pada September 2000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement