Rabu 14 Dec 2016 10:13 WIB

Sejarah Hari Ini: Penembakan Massal di Sekolah Dasar AS, 20 Anak Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Instalasi dengan foto anak-anak dan staf Sekolah Dasar Sandy Hook yang menjadi korban penembakan oleh Adam Lanza
Foto: .
George Washington

Presiden pertama Amerika Serikat (AS) George Washington meninggal dunia pada 14 Desember 1799. Ia menutup kehidupan pada usia 67 tahun saat berada di kediamannya di Mount Vernon, Virginia.

Washington merupakan putra dari pemilik perkebunan kolonial. Ia pada awalnya bekerja sebagai seorang mantri ukur, hingga kemudian masuk dalam akademi tentara Inggris pada 21 tahun. Kemudian, saat menjalani wajib militer yang diselenggarakan oleh gubernur negara bagian Virginia, ia diangkat sebagai seorang letnan kolonel.

Pada 1759, Washington menikah dengan Martha Dandridge Custis. Pada tahun yang sama, ia juga memutuskan untuk meninggalkan karir militer dan mulai mengurus perkebunan yang luas peninggalan sang ayah dan kakaknya, serta kemudian terpilih menjadi anggota dewan pparlemen Virginia.

Washington memilih untuk memihak warga Virginia yang memberontak orang-orang Inggris. Saat itu terjadi ketidakadilan dari undang-undang yang dikeluarkan. Hingga pada 1755, ia kembali menjadi tentara dan diangkat sebagai Panglima Tertinggi Kongres Kontinental.

Hingga 1776, Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah. Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris.

Ia dikenal sebagai sosok yang berkontribusi banyak untuk memperjuangkan kemerdekaan Amerika. Pada 1783, Inggris secara resmi mengakui kemerdekaan AS. Washington terpilih menjadi presiden pada 1789 setelah konstitusi negara itu disahkan. Ia didampingi oleh John Adams yang menjabat sebagai wakil presiden dan menjabat selama dua periode hingga 1797.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement