Kamis 05 Jan 2017 06:38 WIB

Sejarah Hari Ini: Tanker Kandas, 85 Ribu Ton Minyak Tumpah ke Laut Skotlandia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Kapal tanker MV Braer kandas setelah diterjang badai di Quendale Bay, Kepulauan Shetland, Skotlandia, 5 Januari 1993.
Foto:
Golden Gate

Konstruksi Jembatan Golden Gate di San Francisco mulai dilakukan pada 5 Januari 1933. Para pekerja mulai melakukan penggalian tanah sebanyak 3,25 juta kaki kubik untuk pondasi jembatan.

Setelah adanya Gold Rush sejak 1849, pengembang menyadari tanah San Francisco akan mengalami peningkatan nilai, sehingga akses jalan dibutuhkan ke kota itu. Rencana pembangunan jembatan segera dilakukan sebagai penghubung Samenanjung San Francisco dengan Marin County.

Meski gagasan itu diusulkan pada 1869, proposal baru dibuat pada 1916. Seorang mantan mahasiswa teknik, James Wilkins, yang bekerja sebagai wartawan di San Francisco Bulletin, mengusulkan jembatan gantung sepanjang 3.000 kaki.

Setelah itu, seorang insinyur San Francisco, Michael M O'Shaughnessy, mulai mencari bantuan. Insinyur dan penyair Joseph Strauss bersedia membantu merancang jembatan yang pembangunannya menghabiskan biaya lebih sedikit.

Akhirnya, O'Shaughnessy dan Strauss menyimpulkan, mereka bisa membangun jembatan gantung dengan kisaran biaya 25 juta hingga 30 juta dolar AS sejauh 4.000 kaki. Namun, rencana pembangunan masih menghadapi rintangan, termasuk rintangan litigasi.

Jembatan Golden Gate resmi dibuka pada 27 Mei 1937 dan menjadi jembatan terpanjang di dunia pada saat itu. Di hari pertama, Golden Gate dilewati sedikitnya 200 ribu orang, seperti dilansir History.

Jembatan bercat merah yang memiliki menara menjulang tinggi ini dengan cepat menjadi ikon Kota San Francisco

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement