Senin 23 Jan 2017 09:10 WIB

Dua Juta Orang Berunjuk Rasa Anti-Trump di Seluruh Dunia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Aktris Scarlett Johansson tersenyum saat berdemonstrasi memprotes Presiden Amerika Serikat Donald Trump, di Washington, Sabtu (21/1).
Foto:
Demonstran memasang spanduk bertuliskan

"Unjuk rasa ini lebih dari sekedar aksi satu hari, ini adalah awal dari sebuah gerakan," ujar penulis feminis, Gloria Steinem, seperti dikutip the Guardian.

Unjuk rasa juga diikuti oleh sejumlah selebritas, seperti Helen Mirren, Courtney Cox, Cynthia Nixon, dan Whoopi Goldberg di New York. Di Washington, Alicia Keys menyanyikan lagu "Girl on Fire" dan Madonna meneriakkan "Ya, saya marah. Ya, saya berpikir untuk meledakkan Gedung Putih. Tapi saya tahu itu tidak akan mengubah apa pun."

Saat pelantikan Trump, demonstran di Washington mulai melakukan kekerasan dengan merusak jendela toko, mengancurkan limosin, dan melempar batu kepada polisi. Sebanyak 217 orang ditangkap dan enam petugas kepolisian terluka ringan.

Seorang pendukung Trump, Marlita Gogan, mengaku diminta polisi untuk tidak memakai atribut Trump saat sedang berjalan di kerumunan demonstran. Ia datang ke Washington dari Houston, Texas, untuk menyaksikan pelantikan Trump.

"Saya pikir hal ini sangat menindas. Mereka bisa menikmati hari mereka, tapi saya tidak bisa," kata Gogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement