Senin 23 Jan 2017 11:40 WIB

Sejarah Hari Ini: Gempa Paling Mematikan di Dunia Terjadi di Cina

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto:
Seorang pasien penderita diabetes tengah menyuntikkan obat insulin.

Di rumah sakit umum Toronto, Kanada, remaja berusia 14 tahun bernama Leonard Thompson, menjadi orang pertama yang menerima suntikan insulin sebagai pengobatan untuk diabetes, pada 23 Januari 1922. Diabetes telah diakui sebagai penyakit sejak lebih dari 3.000 tahun lalu, namun penyebab pastinya masih menjadi misteri hingga abad ke-20.

Pada awal 1920-an, banyak peneliti menduga kuat diabetes disebabkan oleh kerusakan pada sistem pencernaan yang berhubungan dengan kelenjar pankreas, organ kecil yang berada di atas hati.

Pada saat itu, satu-satunya cara mengobati penyakit fatal ini adalah dengan melakukan diet rendah karbohidrat dan gula, serta diet tinggi lemak dan protein. Solusi ini memungkinkan penderita diabetes untuk bertahan hidup sekitar satu tahun lebih lama.

Sebuah terobosan datang dari Universitas Toronto pada musim panas 1921. Dilansir dari History, ilmuwan Frederick Banting dan Charles Best berhasil mengisolasi insulin dari hewan percobaan.

Hewan yang telah terkena gejala diabetes kemudian memulai program suntikan insulin untuk kembali ke kondisi normal. Pada 14 November, penemuan itu diumumkan kepada dunia.

Dua bulan kemudian, dengan dukungan J.J.R. MacLeod dari Universitas Toronto, dua ilmuwan itu memulai persiapan untuk pengobatan suntik insulin kepada manusia. Dengan bantuan ahli biokimia J.B. Collip, mereka mampu mengekstrak formula insulin murni dari pankreas sapi di rumah pemotongan hewan dan digunakan untuk mengobati Leonard Thompson.

Universitas Toronto segera memberi lisensi kepada perusahaan farmasi untuk memproduksi insulin, yang bebas dari royalti. Pada 1923, insulin telah tersedia secara luas dan telah menyelamatkan nyawa manusia yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Banting dan Macleod kemudian dianugerahi Hadiah Nobel Kedokteran.

Selanjutnya: Inggris Izinkan Penjualan Senjata ke Afrika Selatan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement