Selasa 24 Jan 2017 16:00 WIB

Menunggu Munculnya Penguin Mungil di Tasmania

Penguin ukuran kecil di pulau Bruny Island Tasmania.
Foto: ABC
Penguin ukuran kecil di pulau Bruny Island Tasmania.

REPUBLIKA.CO.ID, TASMANIA -- Mengingat jaraknya ke Antartika, tentunya sudah bukan kejutan lagi jika Tasmania menjadi tempat tinggal penguin. Namun satu-satunya jenis penguin yang berkembang biak di negara bagian Australia itu, adalah jenis penguin paling mungil di dunia yang dinamai Eudyptula minor.

Setidaknya ada 110 ribu hingga 190 ribu ekor penguin mungil ini yang mendiami Tasmania dan pulau-pulau di sekitarnya. Penguin mungil sifatnya menetap. Mereka bahkan membuat lubang-lubang peristirahatan dan kembali ke lubang yang sama setiap malam setelah seharian mencari makan di laut.

Hal ini membuat penguin mungil sangat ideal untuk diamati, tetapi harus diingat mereka merupakan hewan pemalu dan penakut, sehingga Anda benar-benar harus berhati-hati untuk tidak membuat mereka marah. Berikut beberapa tips tempat-tempat menyaksikan penguin mungil dan bagaimana melakukannya secara aman.

Ikut tur atau ikuti lokasi pengamatan resmi

Tur melihat penguin dilaksanakan di berbagai lokasi di sekitar Tasmania. Hal ini seringkali jadi cara terbaik untuk melihat hewan-hewan ini tanpa berrisiko menakuti atau merusak lubang mereka.

Dek observasi dibangun di dekat sejumlah koloni besar penguin mungil seperti di pulau Bruny Island dan pantai Lillico Beach dekat Devonport. Tetap pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan dan ikuti petunjuk yang ada. Dengan begitu Anda dapat dengan aman menonton kemunculan penguin tanpa mengganggu mereka atau diri Anda sendiri.

Berhati-hati dengan langkah Anda dan jangan injak pantai

Penguin mungil kembali ke sarangnya setelah hari gelap seusai mencari makan di laut. Mereka berkumpul bersama di tepi air sebelum muncul ke darat dan pergi ke lubang mereka.

Jika Anda kebetulan berada di pantai saat mereka muncul, penguin-penguin itu mungkin takut, jadi usahakan tidak berada antara tepi air laut dan lubang penguin. Juga perhatikan dimana Anda melangkahkan kaki, atau tetap ikuti jalur yang ada untuk memastikan Anda tidak menginjak-injak lubang atau penguinnya sendiri.

Tetap tenang dan pergunakan lampu merah

Penguin kecil itu pemalu dan mereka bisa dikejutkan oleh sinar lampu terang atau gerakan dan suara dari manusia di sekitarnya. Jadi tetaplah diam dan tenang ketika menunggu penguin kembali pulang dengan hanya menggunakan cahaya redup lampu merah untuk menyaksikan mereka.

Jauhkan anjing Anda

Jangan pernah bawa anjing Anda berjalan-jalan dekat lubang penguin dan tentunya jangan bawa anjing saat Anda ingin menonton penguin pulang ke sarangnya. Penguin merupakan satwa liar yang dilindungi sehingga menangkap, melecehkan atau menyakiti mereka dan merusak sarangnya merupakan perbuatan melanggar hukum.

Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang penguin mungil dan cara aman menonton mereka di situs Tasmania Parks and Wildlife.

Diterbitkan Pukul 11:00 AEST 24 Januari 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/wisata-nad-budaya/menunggu-munculnya-penguin-mungil-di-tasmania/8207114
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement