Senin 06 Mar 2017 07:16 WIB

Komodo, Satwa Unik Khas Indonesia Dirayakan Google

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Bilal Ramadhan
Komodo
Foto:
Komodo

Menurut riset ahli dari Kebun Binatang Smithsonian, tak ada bukti bahwa komodo dewasa merawat bayi-bayi komodo mereka. Seekor bayi komodo biasanya memiliki panjang 30 cm. Begitu lahir, mereka akan melarikan diri dari sarang dan naik ke pohon agar tidak dimakan oleh ibu mereka atau komodo dewasa lainnya.

Baru pada usia empat tahun, mereka turun dari pohon dan menghabiskan waktu sepenuhnya di darat. Kala itu, panjang tubuh mereka sudah sekitar 1,2 meter. Usia hidup rata-rata komodo dewasa adalah 30 tahun.

Komodo berburu hampir semua hewan yang mereka bisa temui, yakni antara lain kerbau liar, rusa, babi, atau bahkan komodo yang lebih kecil. Untuk mendeteksi mangsa, komodo mengandalkan indra penciuman yang begitu tajam. Mereka mampu menghidu mangsa sejarak 10 km jauhnya.

Komodo dapat mengonsumsi buruan yang berbobot 80 persen tubuhnya. Cara berburunya terbilang mengerikan. Begitu mendeteksi mangsa, maka komodo akan mengejarnya ke manapun, baik dengan jalan berlari atau berenang.

Komodo menggigit mangsa dengan giginya yang runcing—seperti gigi ikan hiu. Mangsa mungkin saja lepas. Namun, gigitan komodo mengandung racun sehingga mangsa yang telah diterkam akan mati keracunan dalam waktu kurang dari 24 jam. National Geographic mengungkapkan, air ludah komodo mengandung lebih dari 50 jenis bakteri.

Seperti dikutip dari laman resmi TN Komodo, dalam 60 tahun terakhir jumlah penduduk di sekitar taman nasional itu meningkat delapan kali lipat. Adapun populasi rusa Timor—hewan buruan komodo pada umumnya—mengalami penurunan. Bahaya-bahaya lain juga mengancam kelangsungan hidup komodo.

Para nelayan non-lokal tidak jarang mencari ikan di perairan Pulau Komodo secara destruktif. Misanya dengan memakai dinamit atau sianida. Hal ini tentunya mengancam habitat karang (coral reefs) dan populasi ikan atau lobster selain rantai makanan komodo.

Kini, TN Komodo dalam manajemen PKA Balai Taman Nasional Komodo dan PT Putri Naga Komodo. Kedua belah pihak menyebut komitmen dalam menjaga keanekaragaman hayati di habitat para naga itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement