Kamis 09 Mar 2017 08:15 WIB

Sejarah Hari Ini: Kisah Kaisar Cina Terakhir yang Jadi Boneka Jepang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Henry Pu Yi adalah kaisar terakhir Cina pada 1908-1912.
Foto:
Boneka Barbie

Pada hari ini 1959, boneka Barbie memulai debut publiknya. Pertama kali Barbie dipajang di American Toy Fair, di New York City.

Dengan tinggi 11 inci dan rambut pirang panjang, Barbie jadi boneka orang dewasa pertama yang diproduksi massal. Perempuan dibalik Barbie adalah Ruth Handler.

Handler merupakan pendiri Mattel Inc bersama suaminya pada 1945. Ia melihat putrinya tidak mau bermain boneka anak kecil. Ia ingin boneka perempuan yang sudah dewasa.

Saat itu, ia menyadari pentingnya anak kecil mengkhayal tentang masa depannya. Model Barbie adalah sebuah karakter komik Jerman bernama Lilli. Boneka ini sangat populer di kalangan anak perempuan.

Mattel membeli hak penciptaan Lilli dan membuat versinya sendiri. Handler awalnya menamainya Barbara, seperti nama anaknya. Setelah Barbara muncul, banyak permintaan untuk boneka laki-laki.

Kemudian dibuatlah Ken yang namanya diambil dari nama anak Handler. Teman baik Barbie, Midge, muncul pada 1963 dan adiknya, Skipper, muncul perdana pada tahun berikutnya.

Sejak 1959, Barbie telah terjual lebih dari 800 juta boneka. Kini mereka jadi ikon boneka bonafit global yang diidolakan anak-anak hingga orang dewasa.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement