Jumat 24 Mar 2017 08:40 WIB

Sejarah Hari Ini: Kopilot Germanwings Tabrakkan Pesawat ke Pegunungan Alpen

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Petugas melakukan investigasi di lokasi jatuhnya pesawat Airbus A320 maskapai Germanwings di Seyne-les-Alpes, pegunungan Alpen, Prancis, Kamis (26/3).
Foto:
ExxonMobil. Ilustrasi

Pada hari ini tahun 1989, salah satu sejarah tumpahan minyak terburuk terjadi di wilayah AS. Exxon Valdez yang dimiliki dan dioperasikan Exxon Corporation mengangkat terumbu karang di Prince William Sound di Alaska selatan.

Diperkirakan 11 juta galon minyak kemudian tumpah ke laut. Upaya untuk menutupnya tidak berhasil. Tumpahan minyak menyebar hingga lebih dari 100 mil dari sumber. Minyak pun mencemari pantai hingga sejauh 700 mil.

Ratusan ribu burung dan hewan laut terimbas bencana ini. Penyelidikan dilakukan dan terungkap bahwa kapten Valdez, Joseph Hazelwood mabuk saat insiden. Pada 1990, ia didenda 50 ribu dolar AS karena kelalaian. Ia juga diminta bekerja selama 1.000 jam untuk layanan komunitas.

Exxon sendiri dikecam oleh National Transportation Safety Board. Pada 1991, di bawah tekanan kelompok lingkungan, Exxon diminta bayar pinalti sebesar 100 juta dolar AS dan menyediakan biaya satu milyar dolar AS untuk 10 tahun periode pembersihan.

Tahun berikutnya, Alaska dan Exxon menolak perjanjian. Pada 1991, mereka menyelesaikan perjanjian dengan hanya membayar 25 juta dolar AS.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement