Senin 24 Apr 2017 15:22 WIB

Sejarah Hari Ini: Tornado Louisiana dan Mississipi Tewaskan 143 Orang

Rep: kamran dikarma/ Red: Budi Raharjo
angin Tornado
Winston Churchill

Hari ini pada tahun 1953, tokoh yang memimpin Inggris Raya dan Sekutu melewati krisis Perang Dunia II, Winston Churchill, dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II.

Sebelumnya, Churchill memang memiliki karier militer cukup gemilang. Ia pernah menunaikan dinas kemiliteran Inggris di India, Sudan, dan Afrika Selatan.

Ia sempat mengundurkan diri dari jabatannya di kemiliteran untuk berkonsentrasi di bidang sastra dan politik. Pada tahun 1900, ia terpilih menjadi anggota parlemen Konservatif dari Oldham.

Sejak 1919 hingga 1921, Chruchill ditunjuk sebagai sekretaris negara untuk urusan perang. Setelah pecah Perang Dunia II, ia kembali dipanggil untuk mengisi jabatan First Lord of the Admiralty. Kemudian delapan bulan kemudian ia dipercaya menjadi perdana menteri Inggris menggantikan Neville Chamberlain.

Sejak menjabat perdana menteri, Churchill menegaskan bahwa Inggris tidak akan pernah kalah atau tumbang melawan Nazi Jerman. Berkat gagasannya dan dibantu pemimpin Uni Soviey Joseph Stalin, Inggris berhasil mengalahkan Nazi Jerman pada 1945.

sumber : history
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement