Selasa 09 May 2017 23:53 WIB

Peringati Perang Dunia II, Putin Puji Pengorbanan Rakyat Soviet

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih
Vladimir Putin
Foto: EPA/Alexander Zemlianichenko
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Selasa (9/5). Parade tersebut digelar untuk mengenang pengorbanan rakyat dan pasukan Uni Soviet yang bertempur dalam Perang Dunia II.

Dalam kesempatan tersebut, Putin memuji pengorbanan rakyat Uni Soviet. “Tidak ada kekuatan yang bisa mendominasi rakyat kita,” katanya menyesalkan malapetaka yang didatangkan pasukan Nazi Jerman dalam perang tersebut, seperti dilaporkan laman BBC.

Dalam perang tersebut, Uni Soviet memang harus kehilangan 20 juta orang. Jumlah korban tewas yang diderita Uni Soviet dalam Perang Dunia II lebih besar dibandingkan negara-negara lainnya.

Berbeda dengan Perang Dunia II, saat ini Rusia, kata Putin, sedang memerangi terorisme, ekstremisme, dan neo-Nazisme. Kendati demikian, ia mengharapkan komunitas internasional untuk membantunya memberantas kelompok-kelompok teror dan ekstrem.

“Untuk memerangi terorisme, ekstremisme, dan neo-Nazisme, kita memerlukan kerja sama dari seluruh komunitas dunia,” ujar Putin.

Parade Hari Kemenangan tidak hanya digelar di Moskow. Parade juga dihelat di beberapa kota Rusia lainnya yang sempat merasakan kepahitan dan ganasnya Perang Dunia II pada 1941-1945. Pada parade tersebut, militer Rusia juga memamerkan sejumlah perangkat militer terbarunya. Rudal pertahanan udara Pantsir-SA adalah salah satu yang ditampilkan dalam acara tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement