Kamis 18 May 2017 22:01 WIB

Turki Bangun Permukiman Anak-Anak Yatim Suriah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Pengungsi Suriah menuju perbatasan Turki di dekat Kota Kobani.
Foto: NBCNews
Pengungsi Suriah menuju perbatasan Turki di dekat Kota Kobani.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pemerintah Turki telah membuka permukiman khusus yang didedikasikan untuk anak-anak yatim Suriah. Di perumahan itu juga akan dibangun sekolah dan masjid untuk mereka.

Dilaporkan laman BBC, Kamis (18/4), kompleks permukiman tersebut dibangun di dekat perbatasan di tenggara kota Reyhanli. Media-media Turki menyebut kompleks permukiman itu nantinya akan menampung sekitar 990 anak yatim Suriah yang mengungsi dari negaranya.

Di kompleks permukiman tersebut akan didirikan 55 bangunan vila. Bangunan itu nantinya akan memiliki akses ke empat sekolah, masjid, taman bermain, dan arena olah raga.

Adapun pihak yang menggagas dan mendirikan kompleks tersebut adalah lembaga kemanusiaan pro-pemerintah Turki, yakni IHH Humanitarian Relief Foundation dan Qatar Sheikh Thani bin Abdullah Foundation for Humanitarian Service (RAF).

Dalam situsnya, kedua lembaga tersebut mengatakan, tujuan pembangunan kompleks permukiman ini adalah untuk membantu merehabilitasi masalah psikologis dan trauma akibat perang. Sekaligus untuk menolong anak-anak Suriah yang hidup terkatung-katung di jalanan.

Hingga saat ini, Turki telah menampung lebih dari 800 ribu anak usia sekolah asal Suriah. Dari keseluruhan yang ditampung, baru sekitar 60 persen yang terdaftar di sekolah pada awal tahun ajaran.

Badan anak-anak PBB (Unicef) memperkirakan terdapat sekitar 6 juta anak-anak yang telah terdampak perang selama 6 tahun di Suriah. Lebih dari 2,3 juta diantaranya telah melarikan diri dari negara tersebut dan terdaftar sebagai pengungsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement