Selasa 23 May 2017 15:03 WIB

Sejarah Hari Ini: Bencana Tsunami Landa Hawaii pada 1960

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Hawaii saat dilanda tsunami pada 23 Mei 1960.
Foto:
Perpustakaan Umum New York.

Perpustakaan umum New York dengan struktur bangunan marmer terbesar yang pernah ada di Amerika Serikat diresmikan dengan upacara yang dipimpin oleh Presiden William Howard Taft hari ini pada 1911. Perpustakaan itu terletak di dua blok Fifth Avenue di jalan ke 40-42, New York. 

Bangunan berstruktur seni beaux-art yang monumental itu membutuhkan waktu 14 tahun untuk menyelesaikannya. Biaya  yang dihabiskan sebesar sembilan juta dolar AS. Dengan adanya perpustakaan umum tersebut, sebanyak 40 ribu warga bisa memanfaatkan koleksi perpustakaan yang berkisar lebih dari satu juta buku pada saat itu.

Pada akhir abad ke-19, New York melampaui Paris dalam hal populasinya dan segera mengejar London yang merupakan kota terpadat di dunia. Tidak seperti kota-kota besar itu, New York belum memiliki perpustakaan umum yang cukup luas untuk melayani warganya.  

Kemudian pada 1886 mantan Gubernur New York Samuel J Tilden dan mewariskan 2,4 juta dolar  AS untuk membangun dan merawat perpustakaan dan ruang baca gratis di New York. Warisan itu belum terpakai sampai pada 23 Mei 1895, ketika dua perpustakaan di New York, Astor dan Lenox digabungkan dengan Tilden Trust menjadi sebuah perpustakaan umum yang dikenal sebagai The New York Public Library.

Selanjutnya: Republik Federal Jerman Resmi Berdiri

 

 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement